Jadi Koki

Assalamu’alaikum

on fire
on fire

Selasa 31 Maret 2009, merupakan hari pertama buat kami anak kost’an jadi koki. Ni ceritanya pengen masak sendiri di kost’an, walhasil kami pun beli kompor gas kecil. Lumayan murah bro, beli yang 78rebu’an. Nah yang mahal tuh malah tabung gasnya (yang kaya subsidi pemerintah noh), 165rebu coba, 2 kali lipat harga kompornya. Belum regulator tabung gas, bisa 80rebu. Untungnya, saya gak beli sendirian, tapi bareng ma anak-anak kosan, urunan (jawa-red) masing-masing 125rebu. Yah lumayan gedhe juga untuk ukuran anak kost di akhir bulan yang biasanya sedang dilanda paceklik.

Tadi tuh, beli kompornya pas hari senin. Nah selasanya anak-anak beneran mau jadi koki kost’an. Dasar sok teu semua, beli ini itu, cuma buat masak oseng-oseng tempe. Dasar kitanya yang cupu, mau beli cabe 1 kg. Diketawain ma penjualnya, “Beneran dek mau beli 1 kilo?”. Dengan pede, “Iya bu”. Langsung dah kita disodorin cabe 1 kilo, busyet banyak bener dah. Satu plastik gedhe gitu, ya udah akhirnya cuma beli 1 ons aja. Whahaha, dasar cupu. Trus beli tempe, kacang panjang, kecap, bawang merah-putih. Dengan resep dan ramuan yang ada (dari emaknya sohib satu kasur), kami pun nekat mencoba masak sendiri. Yoiii, cukup 30 menit memasak, makanan udah matang. Dengan rasa trauma (dulu udah pernah masak dan makanannya kepedesan, sampe’ perut mules seharian) saya pun mencoba. Beuhhh, mangtabz gan, pedes+asin+manis, jadi satu semua. Kagak nahan dah. Kacau balau bung, ternyata temen salah bumbu. Harusnya masukin ketumbar, malah merica yang dimasukin, yah karena mirip bentuknya. Walhasil sekali suap, sekali minum. Whahaha. Tapi sebenarnya keren bro makanannya, kalo kata Pak Bondan tuh Mak Nyus Tenan. Itulah sarapan pertama kali anak-anak masak sendiri.

Sorenya, kita bikin resep Nasi Goreng. Ini mah, makanan yang biasa dibuat sama anak kecil juga. Gampang, murah, enak. Yah, dasar anak-anak kost’an yang gokil-gokil, ide ginian pun bisa dilakukan, hehehe.

Author: auliaafifhuda

Muslim

2 thoughts on “Jadi Koki”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s