KA Kahuripan Railfans

“KA Kahuripan Ekspres siap diberangkatkan dari jalur tujuh”. Itulah kalimat yang aku dengar dari dalam kereta ketika meluncur dari Stasiun Kiaracondong Bandung. Kereta Kahuripan ini melayani rute Kediri-Bandung. Kereta ini termasuk kereta yang paling banyak mengalami perubahan rute. Pada awalnya, rute KA Kahuripan ini melayani rute Kediri-Bandung-Pasar Senen, namun sejak 26 Juli 1995 rutenya dipotong sehingga hanya melayani rute Kediri-Bandung. Walaupun dengan kondisi yang sedikit tidak nyaman didalam kereta, tetap saja kalau mudik ke kampung halaman selalu naik kereta ini. Biasanya kereta ini dipanggil dengan sebutan “kereto abang” (kereta merah). Cuman gara-gara warna lokomotifnya merah.

Sudah jadi kebiasaanku sejak awal kuliah kalau bolak-balik pulang naik kereta kelas ekonomi ini. Rutinitas ini berawal dari ajakan sahabatku somphil, dia bilang dengan duit 27ribu perak bisa nyampe rumah. Tanpa pikir panjang aku sih langsung mengiyakan aja, secara kalo naik bus atau kereta kelas bisnis/eksekutif nyampe ratusan ribu. Awalnya sih cuma coba-coba aja, namanya juga anak muda pengen sesuatu yang baru tapi lama kelamaan malah ketagihan naik kereta ini.

Berbagai model pengalaman udah aku rasakan dengan menaiki kereta eko ini. Mulai dari style alias gaya  standar duduk dikursi sampe gaya duduk dilantai, duduk gantian (aku berdiri temenku duduk dan sebaliknya terus-terusan), berdiri dengan 2 kaki, jongkok. Semuanya pernah aku alami dengan senang hati tapi kadang-kadang juga makian yang terlontar dari mulutku (gara-gara asap rokok biasanya). Tapi posisi paling favorit bin enak yang pernah aku alami adalah tidur telentang diatas kursi. Padahal kursinya bisa muat buat 3 orang lho. Kalau kondisi kereta lagi kosong, biasanya style kayak gini bisa dinikmati dengan senikmat-nikmatnya.

Harapanku sekarang adalah semoga Kereta Kahuripan ini tetap dioperasikan oleh PT. KAI dengan perbaikan di gerbong dan penjualan tiketnya. Yaps, kondisi gerbong yang semakin tahun semakin hancur dan penjualan tiket yang dijual melebihi kuota penumpang yang bisa diangkut (maap ya Pak).

Author: auliaafifhuda

Muslim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s