Pasca Sarjana alias S2

Program pascasarjana, suatu jenjang pendidikan yang setingkat lebih tinggi dari sarjana. Biasanya sih disebut S2. Pengen nulis tema ini gara-gara dapet pengalaman tadi siang. Kebetulan sih pas lagi ada di lab ada undangan dari fakultas di kampusku buat ikutan gathering pascasarjana. Ya gak ada salahnya buat dateng, siapa tahu dapet info-info yang penting juga. Pas mau berangkat, ngajak temen biar gak sendirian ntar didalem. Hohoho, ada juga korbannya Sandy maaf ya kakak.

Prok-prok aku jalan menuju tekape yang kebetulan diadain di ruang VIP B GSG di kampusku. Nyampe didepan pintu sempet punya pikiran buat balik sih, lha yang ikutan kok gak nyampe 10 orang. Wedew, ya udah deh nekad aja. Tak disangka dapet roti dan minum pas diresepsionisnya lumayan buat buka puasa ntar. Pas ngisi buku tamu sempet minder juga padahal, ada kolom “Tahun Lulus”, pede aja aku tulis 2011 tahun lulusnya Maret 2011 Amin Ya Rabb. Eh didalem ketemu ma temen-temen yang udah lulus dan yang belum lulus ada juga ternyata. Pas gathering tu dijelasin banyak, mulai dari pentingnya kuliah S2 untuk bidang industri teknologi informasi maupun bidang akademisi dosen gitu. Status S2 buat 2 dunia itu udah bukan jadi hal yang istimewa lagi sekarang, bahkan ada juga perusahaan yang menganggap S1 dan D3 sama aja mulai dari rekruitasi pegawai ampe kerjaannya. Wah, ternyata dari penjelasan itu emang S2 memiliki poin tambah dibanding S1 apalagi D3. Jadi makin termotivasi buat kuliah pascasarjana nih.

Kuliah S2 tu biasanya 4 semester, tapi dikampus ku bisa ditempuh 3 semester kalo lancar yah. Masalah yang sering muncul tu biasanya kalo molor kuliah gara-gara thesis yang gak kelar-kelar. Jadinya ya molor kuliah, nambah waktu, nambah biaya, nambah tenaga, nambah pikiran juga. Ibarat banyak jalan menuju Dayeuhkolot, buat kuliah S2 dikampusku ada jalan masuk yang macem-macem. Fakultas Pacasarjana ada 2 program studi yaitu Teknik Elektro & Telekomunikasi dan Teknik Informatika. Kalo Elektro & Telekomunikasi ada program reguler dan modular. Program reguler sih buat mahasiswa murni tapi kalo program modular bisa buat yang sambil kerja. Kalo kuliah S2 tu katanya sih gak akan sama dengan S1 atau D3 yang terus-menerus dicekoki sama dosen sampe mahasiswanya tidur dikelas pengalaman pribadi (don’t try this at campus), karena ntar pas kuliah 30% materi dikasih dari fasilitator dan 70% mahasiswa yang aktif. Info lengkap kunjungi aja situs web pascasarjana kampusku.

Biasanya sih kalo kuliah S2 tu yang jadi pertanyaan utama dan pertama dari penanya adalah masalah biaya, tul gak? Ya emang sih biaya jadi salah satu pertimbangan utama kalo kuliah S2. Kalo dikampusku sih ada beasiswa. Tapi tentu aja ada syarat yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswanya. Biasanya sih ada beberapa pertimbangan untuk seleksi beasiswa.

  1. IPK jaman S1nya gimana (termasuk cumlaude atau megaco mepet tiga koma)
  2. Latar belakang kondisi orang tua saat ini (kamsudnye dari orang mampu atau rakyat jelata)
  3. Usia (kalo udah tua juga mikir-mikir ngasih beasiswanya, mending yang masih produktif)
  4. Hasil nilai tes ujian masuk (jeblog atau becek)
  5. TOEFL minimal 475 (dikit lagi 500 buat ke LN)
  6. TPA (Tempat Pendidikan Al Qur’an, ya enggak lah kamsudnye Tes Potensi Akademik)
  7. Wawancara (yang paling menentukan biasanya disini nih)

Dari semua persyaratan yang ada, kok rasa-rasanya gak ada yang bisa diandalkan dariku. Hahaha, sak karepe lah, apapun syaratnya tetep niat dan usaha pasti ada minumnya teh botol sosro. Pokoke ilmu harus dicari sampai usia kita baru berhenti. Ada 2 pernyataan yang buat aku masih mau kuliah adalah “Carilah ilmu sampai ke negeri Cina” dan “Allah akan meninggikan beberapa derajat manusia yang berilmu”. Kurang lebihnya seperti itu. Semoga bermanfaat.

Author: auliaafifhuda

Muslim

19 thoughts on “Pasca Sarjana alias S2”

    1. Wuakakakakak :D
      D3 udah, S1 bentar lagi, S2 lagi nyiapin, S3 gak tahu bang iya pa gak :P
      kalo “iS”Tri mah,,ntar aja lah,,selooow,,raih cita2 dulu bang,,hahaha :D

      1. Astagfirullah bang bang,,ngomong apa sih bang ente ini??
        ckckck -_-”
        yang ente kamsud “dia” itu siapa hayo?? bang bang,,juambuuu :D

  1. memang soal nuntut ilmu yang penting niatnya dulu, kan sekolah biar pinter, klu yg boleh masuk yg pinter2 aja, yg belum pinter kapan pinternya ya…salam kenal..kunjungan pertama nih :)

    1. sejauh ini masih memiliki azzam untuk S2 di Jerman Pin..
      hehehe,,amin :D
      tadi ikutan gathering dikampus,,sekalian buat nanya2 tentang pascasarjana tu gimana sih :P

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s