Jumat SKJ

Pagi-pagi jam 06.00 WIK (Waktu Indonesia Kartasura) khusus hari Jumat, dulu sih ada kegiatan rutinitas buat seorang siswa  sekarang udah mahasiswa. Mulai dari SD sampai SMP pasti ada senam kesegaran jasmani alias SKJ, kalo pas jaman SMA gak tahu napa udah gak ada lagi senam SKJ. Kok ya pas juga hari ini tu hari Jumat, di lab ada mas Bayu yang muter videonya Om Toni Blank yang versi senam SKJ :D asli dah tu video bikin kram perut ketawanya. Suuung aja dah cari-cari di mbah google buat file mp3 Senam Kesegaran Jasmani, akhirnya dapet juga di sini.

Sebenernya apa sih SKJ tu? SKJ tu katanya sih senam masal yang pas jaman orde baru dulu diwajibkan oleh pemerintah Alm. Pak Harto dan biasanya diiringi lagu dan dilakukan dengan jumlah orang yang banyak, murid dan guru satu sekolah ya cukuplah. Dulu tuh seminggu sekali pasti diwajibkan buat diikuti, biasanya Jumat pagi sih. Wah ternyata SKJ bukan buat main-mainan, ada Surat Perintah Menpora tahun 1984  lho buat ngesahin perintah itu. SKJ ada macem-macem versinya mulai dari SKJ ’84, SKJ ’88, SKJ ’93, SKJ ’94, SKJ Usia SD ’96, Senam Sajojo, Senam Poco-Poco, Senam Kubro Siswo, Senam Ayo Bersatu, dan Senam Lansia. Banyak kan ya :D

Setelah dinget-inget, terakhir kali ikut senam kapan yak? Wah udah lupa kapan ya, hehe. Padahal senam banyak banget manfaatnya buat kesehatan tubuh. Senam bisa bikin pernapasan kita lebih teratur, menjadikan tubuh lentur, melancarkan peredaran darah ditubuh, dan bisa juga mengurangi stress. Karena dengan senam maka kondisi jiwa kita akan riang, sehingga stress bisa terobati. Untuk model seorang mahasiswa ya kayak aku ini biasanya paling males kalo disuruh senam. Jangankan senam, jogging aja kadang-kadang dan gak teratur. Alesannya sih bisa macem-macem mulai dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau gak cukup juga kayaknya. Apa perlu ya, kampus dirutinkan senam pagi tiap Jumat kayak pas jaman SD dulu. Lha wong diperusahaan Telkom aja tiap hari Jumat ada senam pagi kok buat pegawainya, sekalian latihan siapa tahu jadi pegawai Telkom :P

Ya pesen buat pembaca dan penulis sih, mari kita mulai untuk senam SKJ, haha :D Enggak kok, ya intinya rutinkan untuk merawat kesehatan tubuh, bisa dengan senam maupun olah raga yang lain.

Author: auliaafifhuda

Muslim

9 thoughts on “Jumat SKJ”

  1. mantap..
    an jd teringat terakhir senam.
    pas geladi di kantor ******* bandung…

    wuidih merasa paling muda.. wkwkwkw

    tapi yg parahnya…
    an pas senam tepat berdiri di belakang itu apa tu namanya.. hduh pemandu senam itu apa ya ?
    di dorong2 terus sm yg dibelakang an, jadi di tempat yg depan de
    itu lah pokoknya..

    nah tau ndiri lah pemandunya itu perempuan.
    senamnya jadi gk konsen.. hehe

    ternyata tu senam emang utk orang2 tua..
    bukan utk anak muda kyk an ini.. hihihi

    1. bwakakakak :D
      bang,,pengen lihat ente senam kek mana gerakannya bang :P

      emang pemandu senamnya kek mana sih bang? ane gak ngerti bang,,hihihi :P
      wah brarti kita jangan kerja di Telkom kalo pas muda,,pas tua aja,,kan katanya kalo senam buat orang2 tua bang,,hohoho :o

  2. bwahahaha,, toni blank…
    berikut cuplikannya,,

    Q: makanan apa yang bisa menolak aids menurut mas toni?
    A: makanan yang dapat menolak aids itu adalah beras, bawang brambang dan teh dan minyak goreng kelapa dan garam,,

    hahaha..

    1. hahaha,,asli dah,,om Toni Blank emang muanteb..
      analisis setiap persoalan selalu dikaotkan dengan inggris yang amburadul,,hehehe :D

      jaluk video ne aku mas :P

  3. skj niku senam kesegaran jasmani.. terakhir senam itu pas SD SMP SMA.. kuliahan tingkat 1 mung peregangan terus lari sabuga 6x putaran.. tingkat 4, peregangan neng kosan.. terutama jari jemari melawan keyboard..

    1. wah saya juga udah lupa mas urutan gerakannya..
      tapi kemarin habis download lagu senamnya, malah jingkarak-jingkrak di depan komputer,,hehe :P

  4. salam kenal :)
    numpang nany gan klo senam SKJ ini apkh asli dri indonesia atau bkan yah ?? n knapa snam SKJ ini koq dwajibkn oleh pemerintah ??
    oiya btw apkh agan tau dmna tmpat yg mnjual baju senam body image terbaru
    maksih, salam sukses

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s