Review Firefox 4 Beta

Siapa sih yang gak kenal Mozilla Firefox? Hampir setiap orang yang berhubungan dengan internet pasti mengenalnya. Mozilla Firefox menjadi browser yang paling sering didownload dan digunakan didunia. Saat ini Firefox yang versi stable adalah 3.6.8 dan bulan ini Firefox mengeluarkan versi 4 Beta. Tahu info Firefox 4 Beta dirilis dari detikInet. Pengen ngereview tentang Firefox 4 Beta, tapi udah nemu blog yang ngulas si rubah api ini dengan baik dan yang ditulis sama dengan pemikiranku. Berikut reviewnya:

Mozilla Firefox merupakan browser yang paling disukai di dunia, walaupun secara statistik Internet Explorer lebih unggul (lihat: Wiki – Comparison of web browser) namun menurut saya internet explorer unggul secara statistik hanya karena sudah dibawa dari awal oleh Windows, namun secara statistik pengunduhan dan aktifitas pemakaian Mozilla Firefox jauh lebih unggul.

Firefox sendiri sebenarnya bukan generasi awal dari web browser, karena edisi stable Firefox baru dirilis tahun 2004, namun karena kemudahan navigasi dan dukungan software penggaya atau addon maka browser ini sangat cepat berkembang.

Namun ketenaran Firefox bukan berarti tanpa cela :) salah satu hal yang menjadi momok dari firefox adalah masalah penggunaan memori (baca: Mozilla Firefox memory usage), selain itu juga masalah kecepatan proses beberapa unsur seperti Javascript.

Hal inilah yang saya rasa menyebabkan Google Chrome mendapatkan sedikit peluang untuk tenar :D karena memang saya akui google chrome lebih ramah memory dan juga lebih cepat dalam pemrosesan javascript. Namun menurut saya google chrome hanya bagus dipakai untuk pemakaian normal, karena navigasinya cukup menyusahkan untuk pemakaian yang butuh semua unsur dari sebuah web browser.

Saat ini edisi stable dari Firefox adalah 3.6.x, memang sudah 1 tahun ini firefox hampir melakukan update terhadap sistemnya setiap 1-2 bulan. Dan sekarang Firefox sudah me-release Firefox 4 Beta.

Gambar di atas merupakan gambar latar yang akan anda temui begitu anda selesai melakukan instalasi Firefox 4 Beta, he he saya ga tau apa maksdnya gambar orang di luar angkasa :D saya rasa mungkin Firefox ingin menggambarkan mereka selangkah lebih maju.. Benar atau tidak? Berikut saya paparkan review saya tentang Firefox 4 Beta.

Menurut informasi releasenya firefox mengklaim versi yang terbaru ini lebih cepat dari versi 3.x.x, dan pada versi 4 ini mereka membawa banyak perubahan dari struktur tampilan juga.

Beberapa di antaranya adalah:

  • Baris tab ada dibagian atas dari address bar.Entah ini meniru chrome ataukah memang trend browser saat ini seperti itu. Namun memang menurut saya address bar ada dibawah tab mengingat sebenarnya address bar adalah property dari sebuah tab.
    Bagi anda yang belum familiar bisa saya pastikan akan terkecoh jika tidak hati-hati melihat posisinya :D karena biasanya kita mengklik bagian address bar yang ada di atas tab.
  • New ButtonMemang kebanyakan sofware tidak terlepas dari perubahan tampilannya untuk setiap release penting. Nah firefox juga mengganti beberapa button dan tampilan lainnya sehingga lebih futuristik.
  • Single Window on taskbar for each Firefox tabNah ini seperti fiturnya Internet Explorer :D dimana pada windows 7 setiap tab yang terbuka akan ditampilkan sebagai individual window pada taskbar.
    Pada satu sisi ini akan mempercepat navigasi, namun saya berpikir jika terlalu banyak tab dibuka berarti item windownya pada taskbar akan makin banyak pula. Karena saya sendiri saat bekerja kadang bisa membuka sampai 60 tab firefox.
    Tapi jangan khawatir, karena hal ini sepertinya sudah terbatasi oleh windows 7 itu sendiri. Berdasarkan percobaan saya, tab yang ada pada taskbar hanya maksimal 20buah, setelah itu maka preview window akan menghilang.
  • Page load status
    Tambahan lainnya yang menurut saya juga terobosan adalah adanya page load status pada icon setiap tab.
    Ini penting menurut saya karena page load status yang biasa hanya berada pada setiap tab, dengan arti kata ketika kita membuka tab lain maka page load status tidak akan terlihat.
    Nah, dengan terobosan baru ini page load status akan terlihat walau kita sedang membuka tab lain.

Fitur-fitur lainnya dari versi terbaru ini adalah dukungan terhadap HTML5, CSS3, Web video, dan sebagainya. So tetap Firefox menurut saya salah satu browsers dengan kepedulian akan perkembangan web yang sangat tinggi.

Saya juga melakukan benchmark terhadap firefox yang baru ini dan ternyata memang pemrosesan javascriptnya lebih cepat dari versi stable saat ini.

Cukup signifikan, berikut table hasil pengujian yang saya lakukan:

Firefox 3.6.x Chrome Firefox 4 beta
Time to complete process 1153.6ms 464.2ms 774.2ms

Dari hasil di atas bisa kita perhatikan terdapat selisih yang cukup jauh antara versi sebelumnya, kecepatannya hampir meningkat 2 kali lipat. Namun tetap saja Chrome lebih unggul.

Namun Firefox menjanjikan mereka akan lebih cepat di masa yang akan datang. Semoga saja :p soalnya dah cinta mati ama firefox.. hi2.

So kesimpulannya apakah anda mau upgrade ke versi beta ini?
Saya sarankan jika hanya mau mencoba versi beta ini silahkan, namun sebaiknya ditunggu versi tablenya, karena berdasarkan percobaan yang saya lakukan masih ada beberapa bug pada edisi beta ini.

Semoga bermanfaat.

Sumber: (http://ahlul.web.id/2010/07/10/firefox-4-beta-review.html)

Pengen nambahin dikit yah, hehe. Firefox 4 ini mengubah tampilan menu pengaturan yang semula ada dibagian atas berupa barisan menjadi satu menu berwarna orange yang bertuliskan Firefox. Kalau di klik akan muncul dibawahnya menu-menu seperti New Window, Options, History, Costomize dan lainnya.

Firefox 4 juga mengaku masih membutuhkan feedback dari pengguna versi 4 Beta ini. Mereka memberikan menu Feedback berada dipojok kanan atas browser. Ketika menu tersebut diklik maka akan muncul pilihan apakah Firefox 4 Beta ini memuaskan atau tidak. Menurutku hal yang paling gak menyenangkan dari Firefox 4 ini adalah memory usage yang digunakan sangat besar, cuma 10 tab Firefox aja udah nyampe 209 MB.

Silahkan buat yang mau nyobain Firefox 4 Beta bisa langsung download disini. Kalau yang masih punya versi stable 3.6.x gak bakalan ke-update versi Beta ini atau hilang kok. Dengan kata lain kita punya 2 Firefox dengan versi beda dan semuanya masih bisa dipakai. Selamat mencoba dan kirimkan feedback Anda.

Author: auliaafifhuda

Muslim

4 thoughts on “Review Firefox 4 Beta”

  1. kompieku ini kykna dah di update ma IT jadi firefox 4 Y…*malah takok*…
    menurut pandangan orang awam koyo aku perbedaannyaa dari warna cukup berwarna (koyo adobe acrobat 7 ke 8) kalo dari kinerja…:D gak gitu ngerti…

    Ada dua versi jg ni firefox di kompiw ku (lagi2 di update ma IT nya) yang biasa ma yang pake telor *halah bukan* firefoxPortable… <– klo yang ini apa bedanya Lik?

  2. wah,,malah enak Tin..
    tinggal make aja kok bingung,,hahaha..
    gak perlu berurusan dengan install menginstall..
    hehehe..

    Nek firefox portable aku lum pernah make,, tapi biasanya kalo software yg portable gitu tuh gak perlu diistall dikomputer,,jadi gak menuh2i program di komputer,,hehe..

    1. hehe,,kmarin nyoba2 dulu mas,, buat ngebandingin dengan versi 3.6 nya..
      kan ada feedback juga dari pengguna,,makanya nyobain dulu terus aku kirim feedback ke firefoxnya,,hehe..
      tapi versi 4beta ini enaknya walaupun diinstall,,yang versi 3.6 gak ilang,,jadi masih bisa dipake..hehe.. Lumayan kenceng yang 4 beta,,cuma beraaaat euy makan memori banyak :D

      maturnuwun mas udah mampir :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s