Masjidku penuh (lagi)

Hari itu, masjid dikampusku mendadak penuh dijejali oleh orang-orang yang model rambutnya tipe 1 cm, memakai kemeja putih, celana biru donker. Baru inget kalo ternyata hari itu ada PDKT (Pengenalan Dunia Kampus Telekomunikasi) 2010. Ya gampangannya ospek kampus, cuma kalo ospek identik dengan senioritas dan kekerasan menurutku lho. Senengnya masjid dikampus jadi penuh dengan jama’ah yang sholat wajib disana. Biasanya cuma 3-4 shaf, gara-gara PDKT masjid penuh ampe belakang. Emang PDKT dikampusku membiasakan mahasiswa baru untuk sholat wajib secara berjamaah di masjid. Subhanallah :)

Keesokan harinya, Masjid Syamsul ‘Ulum IT Telkom menjadi penuh dengan jamaah ketika sholat isya. Alhamdulillah Ramadhan kembali datang. Hampir semua masjid bisa dipastikan penuh dengan jama’ah yang mau sholat isya dan tarawih pada malam pertama Ramadhan. Pesona bulan Ramadhan sungguh indah. Masjid tiba-tiba penuh dengan jama’ah. Banyak yang tilawah setelah sholat wajib disini. Mushaf Qur’an terdengar di sudut-sudut masjid.

Ramadhan mesti bisa menjadi bulan tarbiyah kita. Ada tausyiah yang menarik ketika kuliah subuh kemarin. Hal-hal yang semaksimal mungkin kita lakukan di bulan Ramadhan.

  1. Shalat wajib berjama’ah di masjid. Buat yang ngakunya laki-laki, kudu dilaksanain nih. Udah ada perintah dari Rasulullah kok. Pahalanya juga 27 kali lebih baik daripada sholat sendirian dirumah lho. Apa lagi ini bulan Ramadhan, Allah buka “big sale pahala” buat hambaNya yang mau melaksanakannya :)
  2. Tilawah Qur’an. Al Qur’an diturunkan pas bulan Ramadhan lho. Pernah ada yang bilang, “Wah Al Qur’an kepake lagi pas bulan puasa nih” sedih bin miris dengernya. Jangan sampe deh, kita termasuk yang bilang kayak gitu. Pasang target bulan Ramadhan ini harus tilawah Qur’an secara rutin dan mampu khatam minimal 1 kali. pasang target yang tinggi dan realistis buat kita :)
  3. Sedekah. Gak cuma pas bulan Ramadhan kita diminta untuk sedekah. Tidak ada pernyataan Allah kalo misalnya kita memperbanyak sedekah nanti akan jatuh miskin. Justru Allah akan menggantinya kelak dengan berlipat ganda :)
  4. Qiyamul Lail (Tahajud). Allah memrintahkan kita untuk bangun disepertiga malam terakhir dan melaksanakan shalat karena waktu tersebut menjadi waktu diijabahnya do’a-do’a kita. Rasulullah bahkan pernah Qiyamul Lail sampai kaki beliau bengkak-bengkak. Beliau melakukan hal itu karena ingin menjadi hamba yang bersyukur terhadap nikmat dari Allah. Bagaimana dengan kita? :)
  5. Memperbanyak istighfar. Saat bulan Ramadhan, pintu-pintu surga dibuka selebar-lebarnya dan pintu-pintu neraka ditutup serapat-rapatnya. Allah membuka pintu maaf kepada hambanya yang benar-benar mau bertaubat :)

Penyesalan selalu datang diakhir waktu. Jangan sampai kita menyesal karena begitu saja melewatkan Ramadhan yang penuh berkah ini.

Author: auliaafifhuda

Muslim

10 thoughts on “Masjidku penuh (lagi)”

    1. alhamdulillah mas :D
      Ramadhan sudah masuk ke 10 hari kedua, semoga saja semangat awal Ramadhan masih akan berlanjut di 10 hari kedua ini :)

  1. iya, mesjid jadi rame,
    saf shalatnya akhwat sampe bergeser ke selasar mesjid, saking penuhnya mesjid berisi para laki-laki, hahaha.. XD
    *pengalaman di mesjid salman*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s