Mahasiswa Tingkat 5

“Lik, udah lulus apa belum sih kuliahnya?”. “Ulik masih kuliah? Semester berapa?”. Pertanyaan yang tertuju padaku, kemarin ketika libur lebaran. Teman dan saudaraku pada nanyain udah lulus apa belum. Dengan malu-malu dan senyum kecil akupun menjawab, “Belum, udah semester 9 nih”. :) Yah, gampangnya jawab gitu lah karena ribet kalau jelasin aku ni dari D3 terus lanjut S1 jadi lulus normal tu 5 tahun alias 10 semester, 3 tahun buat D3 dan 2 tahun buat S1. Karena mereka kira kuliah normal 4 tahun udah bisa lulus. Beginlah nasib mahasiswa tingkat lima.

Kemarin siang, sengaja lewat lorong-lorong antar gedung di kampus karena udah lama gak melakukan rutinitas ini. Berjalan sendirian dari ujung kampus ke ujung lainnya, buat ngasih undangan syukuran asisten baru di lab’ku ke lab lain yang lokasinya di ujung selatan kampus dan satunya di ujung utara. Clingak-clinguk tengak-tengok sekitar, ternyata orang-orang yang kukenal sudah tidak ada. Kampus sudah dipenuhi dengan mahasiswa-mahasiswi yang wajahnya asing buatku. Beginilah nasib mahasiswa tingkat lima.

Sabtu pekan kemarin, ketika ada acara syukuran asisten lab yang baru di salah satu laboratorium kampus. Aku datang buat menuhi undangan dari lab tersebut bareng teman lab’ku sama-sama mahasiswa tingkat lima juga :D Sesampainya disana, ternyata orang-orang yang datang sedikit yang saya kenal, itupun angkatan 2007 yang aku kenal. Dan hanya kami berdua yang satu angkatan. Beginilah nasih mahasiswa tingkat lima.

Semakin tersentak hati ini kalo denger kata: “Le, kapan koe lulus?” dan “Le, iki semester terakhir to le?”. Bingung dan gak tega mau jawab gimana. Hanya bisa tersenyum dan menjawab , “InsyaAllah diusahakan semester ini yang terakhir Bu. Maret tahun depan siap-siap aja ke Bandung buat dateng wisudanya Ulik”. Beginilah nasib mahasiswa tingkat lima.

Kemarin, ketika beres-beres ruangan di lab gak sengaja nemuin baju toga dan topi buat wisuda. Udah pengen secepatnya memakainya dihadapan kedua orang tuaku. Maret tahun depan, semoga saja. :)

Author: auliaafifhuda

Muslim

7 thoughts on “Mahasiswa Tingkat 5”

  1. Saya aja sebagai mahasiswa tingkat 3 sekarang udah ngerasa kampus juga dipenuhi wajah2 asing.. ==a
    Tahun lalu biasanya kalo muter2 kampus ada aja ketemu angkatan 2005 atau 2006, salam di sana-sini.. Sekarang banyak yg udah lulus. Dan ya, kampus ramai, tapi entah kenapa malah terasa makin sepi..

    1. Tingkat 3 justru lagi jaya-jayanya tuh dikampus.. Yang ngurusin organisasi kampus kan yang lagi tahun ketiga..hehehe :D
      Iya,, kemarin kalo muter-muter kampus masih ada temen yang seangkatan. Nah sekarang, udah pada lulus duluan :D
      Yaps, suka dengan pernyataan yang terakhir :D Kampus makin ramai tapi entah kenapa malah terasa sepi.. :)

      1. hehe,,iya sih,,kalo pucuk-pucuk pimpinan sih angakatan 2007,,tapi yang ngurusin 2008..ya pokoknya angakatan 07-08 lah,,hehe :D selamat menjalani,,hehe :)
        amiiiiin,,makasih :D

  2. iyo lik… berasa asing dikampus. kayanya br kmrn bercanda2 sm tmn2 seangkatan atau angkatan atas, eh skrg malah jadi terasingi..
    smgt buat masa depan smgt buat kehidupan yg lebih baik.. :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s