November Hemat Padat Cepat

Gak kerasa saat ini sudah bulan November. Waktu sangat cepat berlalu. Bulan ke-11 dari 12 bulan dalam satu tahun. Bulan ke-267 yang aku jalani sejak aku lahir. Bulan ke-52 sejak aku merantau di Kota Kembang sebagai kuli tinta. Bulan ini menjadi pertaruhan masa depan, karena bulan ini akan menjadi November yang hemat, padat, dan cepat bagiku.

November Hemat. Ya, itulah yang terlintas dalam pikiranku ketika di akhir Oktober lalu. Ada apa dengan kata hemat ini? Bulan ini akan menjadi bulan pertama dalam nasibku sebagai perantau untuk tidak menerima “uang pesangon” dari orang tuaku. Harus pandai-pandai mengkalkulasi pengeluaran di bulan ini, jika tidak maka tinggal tunggu waktu saja untuk bangkrut di akhir bulan nanti. Biaya hidup bulan ini sebenarnya tidak murah, banyak pengeluaran disana-sini. Akan tetapi bagaimana lagi, uang yang seharusnya digunakan untuk biaya hidup bulan ini lebih aku prioritaskan untuk kepentingan yang lain. Sepertinya bulan November ini, aku perlu merogoh “kencleng” uang receh yang tiap hari aku kumpulkan di dalam toples kecilku. Hal ini sudah biasa bagiku, mengumpulkan uang receh dari kembalian ketika membeli sesuatu dan ketika pada saat yang sangat dibutuhkan akan aku gunakan untuk menyambung hidup.  Tapi tak apalah, demi sebuah keinginan yang terdalam sejak aku masuk di kampus ini. Tak perlu pusing memikirkan hal ini sebenarnya, karena nikmat Allah begitu luas. Tak terbayangkan jika aku harus membayar setiap nafas yang aku hirup, air yang aku gunakan untuk membersihkan diri, apalagi koneksi internet unlimited di kampusku tentu dengan akal-akalan yang aku gunakan untuk hal yang satu ini :D. Masih beruntung jika dibandingkan dengan orang yang hidupnya di pinggir jalan, untuk makan dalam sehari harus berusaha sangat keras di bawah panasnya terik matahari.

November Padat. November ini akan menjadi bulan yang sangat padat bagiku. Sudah aku list pekerjaan yang akan aku temui dibulan ini. Mulai dari kuliah pasca UTS yang tersisa 3 mata kuliah di semester ini. Menjadi asisten praktikum di Access Net Lab dengan 2 modul praktikum yang tersisa, tapi tugas besar untuk praktikan sudah harus disiapkan untuk praktikan dan juga asistensi untuk mereka akan makan waktu yang banyak. Belum lagi pelatihan yang diadakan oleh rekan-rekan riset di lab’ku. Dalam 2 minggu sekali akan ada pelatihan, pertengahan bulan ini akan ada pelatihan Code Igniter dan di akhir bulan nanti akan ada pelatihan Opnet Modeler. Amanah untuk menjaga adik-adik “lelaki dalam lingkaran” akan semakin padat agendanya. Dan tentu saja, Tugas Akhir sudah menungguku.

November Cepat. November ini akan menjadi bulan yang cepat bagiku. Yaps, Tugas Akhir yang akan menjadi momok terbesar bagiku. Karena aku harus ngebut karena dikejar dengan garis mati (deadline). Untuk hal yang terakhir ini seharusnya sudah aku “pacari” sejak Juli lalu, tapi baru akan aku sentuh di bulan ini. Molor berapa bulan yak? Kalo kata Bang Haji, “SUNGGUH TERLALU!!!”. Dosen Pembimbingku juga sudah menanyakan nasib TAku. Untung saja beliau selalu memotivasiku. Akan tetapi, tetap saja ada rasa bersalan disini. Tentu saja kepada wanita yang sangat aku cintai. Maafkan aku, Ibu.

Yaps, seberapapun besarnya ujian yang akan kita hadapi nanti, yakinlah bahwa Allah akan tetap selalu menolong kita. Sesuai dengan janji Allah dalam QS Muhammad ayat 7, “Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu menolong agama Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu”. Menegakkan sholat di awal waktu secara berjamaah dan tilawah Al Qur’an merupakan pengaplikasian dari menolong agama Allah. Jangan lupa awali setiap kegiatan kita dengan ucapan basmallah. :)

Author: auliaafifhuda

Muslim

Leave a Reply

