pantang pulang sebelum sidang

Lebih baik pulang nama dari pada gagal di medan laga. Slogan yang aku kenal sejak kecil, gara-gara pernah diajak Bapak ke kantornya dan tertulis jelas di ruang utama kantor tersebut. Dengan gambar seorang prajurit yang memegang bendera merah putih dan senjata lengkap. Yaps, masih teringat dengan jelas didalam memoriku. Seorang prajurit akan mati-matian berperang untuk mempertahankan kehormatan Bangsa ini.

Sama halnya dengan seorang mahasiswa, sang kuli tinta. Pantang pulang sebelum sidang. Entah sejak kapan aku kenal slogan itu. Dulu ketika masih aktif kuliah, slogan itu cuma bisa menjadi bahan bercandaan. Tetapi sekarang, ketika memasuki masa-masa akhir sebagai seorang mahasiswa, merantau di kota orang yang sudah dianggap sebagai kota sendiri dengan waktu 4 tahun, membuat slogan tadi begitu mengena buat diri sendiri. Yaps, hanya terdiri dari 4 buah kata yang tersusun menjadi 1 kalimat tetapi memiliki arti yang sangat kuat. Memang baru terasa ketika kita baru menjalaninya, yaitu mengerjakan Proyek Akhir, Tugas Akhir, Skripsi, atau apalah namanya.

Keinginan untuk pulang ke rumah memang begitu besar, tapi terkadang tertutupi dengan rasa segan. Ya, rasa segan, segan karena belum lulus-lulus kuliahnya :D. Segan karena orang tua sudah mendambakan anaknya untuk diwisuda. Dan rasa rindu dengan kampung halaman ini sudah tak tertahan lagi. Tapi tak apalah, karena semua ini sudah ada yang mengatur dan sudah tertuang dalam Lauh Mahfudz. Kewajiban kita adalah untuk berikhtiar dan berdoa. Selamat berjuang kawan :D

 

tidak ada pilihan lain selain memilih

Author: auliaafifhuda

Muslim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s