backpacker ke bali

Januari 2010. Setahun yang lalu, kakiku menginjakkan ke pulau Bali untuk ketiga kalinya. Bareng temen-temen kampus, kami berangkat dari Solo dengan naik kereta Bengawan tujuan Banyuwangi. Dengan modal sekitar 35ribu kami dipanggang di dalam gerbong kereta yang panas selama 14 jam. Maklum, kami mengeluarkan duit seminim mungkin untuk mencapai pulau Bali. Sampai di Banyuwangi sekitar jam 11 malam dan langung menuju pelabuhan buat nyari kapal. Kalo dari informasi backpacker yang kami dapat, sebaiknya nyari bus buat ke Denpasar di Gilimanuk aja karena harganya lebih murah dibanding kalo nyari di Ketapang. Untungnya pas beli tiket kapal, ada yang menawari kami buat naik bus mereka yang menuju Denpasar. Dengan tawar-menawar harga, akhirnya kami dapet tiket murah hanya 30ribu buat naik bus ke Denpasar. Setelah masuk kapal, kami dilihatin kondisi bus mereka. Busyeeett dah :D Busnya kosong gak ada penumpang sama sekali dan termasuk kelas bisnis full AC :D Serasa bus yang isinya muat buat 60 orang cuma dipake 6 orang aja.

Akhirnya kami sampai di Denpasar, tepatnya di terminal Ubung. Dari sini kami harus naik angkot buat ke Kuta. Yak, tujuan pertama kami adalah Kuta, dengan target dapet tempat penginapan. Maaf, maksud saya, tempat penginapan disini adalah SPBU alias pom bensin :D Pertama kami pikir, setiap SPBU ada musholanya, tapi kami baru sadar kalo ini Bali bung. Mayoritas penduduknya bergama Hindu, jadi plan A buat nyari tempat penginapan gagal total. Selanjutanya kami nyari tempat penginapan yang murah, tapi kami menyerah karena semua tempat mahal-mahal. Paling murah adalah 125ribu/malam. Tapi ada untungnya kalo kita nginep disitu, karena bisa nyewa motor buat keliling Bali. Akhirnya kami putuskan buat istirahat dulu di pantai Kuta sambil rapat pleno menentukan formula yang tepat untuk backpacker kali ini.

Bla bla bla, akhirnya rapat pleno selesai. Tempat penginapan gagal, sewaan motor juga gagal, akhirnya kami putuskan nyewa mobil buat keliling Bali selama backpacker kali ini. Ternyata ada temen yang lagi kerja praktek di Bali, tepatnya di Sanur. Setelah kontek-kontekan, kami diijinkan buat menginap di kostan dia. :D Okelah, langsung cari mobil buat keliling Bali, dapet harga 300ribu buat 2 hari. Bapaknya baik banget, itu udah sama bensin, sopir, dan nungguin dari pagi sampe sore buat keliling Bali.

Tujuan pada hari pertama adalah: pantai Nusa Dua, pantai Dreamland, mampir gerbang GWK (cuman buat poto-poto doang >..<) dan menuju kostan temen di Sanur. Tak diduga, ternyata kostan temen itu dipake buat 3 orang. Sedangkan kami ada 6 orang, yah yang penting ada tempat buat bermalam yang gratis. Aku dan sohibku jalan-jalan buat seputar Sanur di malam hari buat nyari udara dingin, karena di kostan udah berjubel dan panas. Nasib ya nasib, ternyata di kostan anak-anak udah pada tidur. Kasur ada 3, udah dipake buat bertujuh. Aku dan sohibku akhirnya tidur di dalam mobil kantor milik temenku tadi.

Tujuan hari kedua adalah pantai Sanur, pasar Sukowati, dan pantai Kuta. Pagi-pagi kami berangkat dari kostan temen ke pantai Sanur. Dikiranya sih deket, paling 2 kilo lah, eh ternyata lebih jauh dari perkiraan. Udah terlanjur jalan, ya sudah jalani saja :D Sayang sekali, tujuan buat nyari sun rise di Sanur gagal setelah perjalanan yang lama. Ya sudah, kami nikmati saja udara pagi Sanur dengan sarapan makanan seadanya. Jam 9 pagi, kami dijemput sama Bapak rental mobil buat menuju pasar Sukowati. Setelah puas berbelanja kami melanjutkan perjalanan ke Kuta. Tapi sebelum ke pantai Kuta untuk menikmati sun set, kami terlebiih dahulu mampir ke Joger sambil menikmati cuaca yang cerah di Kuta saat sore hari.

Lokasi terakhir yang kami kunjungi adalah pantai Kuta. Tujuan utama kalo disini kalo gak nunggu sun set ya apalagi :D Sembari menunggu sun set, ternyata ada acara John Mayerlagi syuting, eh maksudnya John Pantau. Wah jadi rame gini pantainya pada ngelihatin si John Pantau syuting. Akhirnya perjalanan 2 hari di Bali kami tutup di pantai Kuta ini. Setelah sun set selesai, kami berkemas pulang dianter mobil sewaan tadi menuju terminal Ubung buat nyari bus ke Gilimanuk. Ternyata memang benar apa kata orang, terminal itu bukan tempat yang ramah. Belum turun dari mobil, pintu mobil kami sudah dipaksa dibuka oleh para calo bus malam. Tas ransel milikku malah diembat sama salah satu orang dan dimasukkan ke dalam busnya secara paksa. Wah, main kejar-kejaran sama calo membuatku capek. Udah gitu kami dipaksa buat naik busnya yang tujuan Surabaya dengan harga tiket 150ribu. Yah, untung kami main keroyokan, tawar-menawar dengan emosi tingkat tinggi dimulai. Padahal kami cuma butuh bus sampai GIlimanuk aja, habis itu naik kapal dan dilanjutkan dengan perjalanan naik kereta api. Uang dikantong saat itu tinggal 90 ribu, 35ribu buat naik kereta jadi tinggal 55ribu. Walhasil, kami dapet harga tiket bus 35 ribu. Masih sisa 20ribu buat beli makan dijalan :D

Alhamdulillah, perjalanan pulang kami lancar. Sampai di pelabuhan ketapang jam 3 pagi. Masih ada 3 jam lagi kereta api yang kami naiki lepas landas. Perjalanan yang tak terlupakan, dengan modal duit 295ribu aku bisa jalan-jalan ke Bali. uang segitu udah termasuk tiket perjalanan pulang pergi, makan & minum, dan lain sebagainya. Special thanks for Somphil, Packdhe, Kris, Sandy, and Agro. :D

sumber foto: Somphil

Author: auliaafifhuda

Muslim

20 thoughts on “backpacker ke bali”

1. kebetulan untuk mobil rental dan hotel saya gak punya nomer teleponnya lagi..
      kalau rental mobil saya langsung nyari di pinggir jalan sekitar kawasan Kuta, ada banyak orang yang menawarkan jasa rental mobil..
      kalau hotel juga disekitar pantai Kuta.. :)

1. mahal bgt 125rb/malem., kmrn tgl 4 Sept 2012 Q ke Bali dapet 70rb(AC, air hangat, kamar super nyaman) di daerah Denpasar. nggembel sih nggembel.., tp kl di Bali niatnya irit mnding g usah ke Bali, di rumah aja malah g kluar duit. sekedar sharing aja dr tgl 4-8 Q di Bali ngabisin duit 900rb buat 2 org,. itu ja dah makan di warung padang (enak&puazZ)n3x sehari, bisa beli tiket masuk&main sepuasnya di GWK (g cuma di pintu gerbang, malu donk), ke tampaksiring, tanah lot, dll. yg pnting kl niat jln2 tu hruzZ diprepare sebaik mngkin jgn smpe gak dpt t4 istirahat&makan trlalu mikir irit. tujuannya kan seneng2 bukannya irit2an.