Sarjana Teknik

Selasa, 3 Mei 2011. Jam 09.00 di Ruang Sidang A Gedung C lantai 2. Setelan kemeja putih pinjeman dan celana biru donker sudah siap. Jas almamater pinjeman juga sudah siap. Bukan, bukan sepatu pantofel yang aku pakai, tapi sneakers hitamku yang  aku pakai :D Sidang Tugas Akhir yang sudah lama aku nantikan akhirnya digelar juga. Sudah siap lahir batin mau “dibantai” seperti apapun oleh dosen pengujiku. Kebetulan dosen pengujiku terbilang senior di kampusku, jadinya ya sudah terkenal kalau sedang nguji mahasiswa yang sidang Tugas Akhir seperti apa.

Presentasi sidangku terbilang sangat singkat, dari 20 menit waktu yang diberikan hanya separuhnya saja yang aku perlukan untuk mempresentasikan hasil pekerjaanku selama ini. Sesi tanya jawab menjadi sesi yang paling menegangkan ketika sidang Tugas Akhir. Ya ada pertanyaan yang bisa aku jawab, tapi ada juga pertanyaan yang memang menjadi kelemahan Tugas Akhirku sehingga aku kelimpungan menjawabnya. Setelah selesai tanya jawab, waktunya sidang tertutup dari dosen pembimbingku dan dosen penguji. Disinilah Tugas Akhirku dinilai, disinilah aku dinyatakan lulus atau tidak, disinilah revisi Tugas Akhirku ditentukan.

“Ya. Pada hari ini, Selasa 3 Mei 2011. Setelah melakukan sidang Tugas Akhir, kami nyatakan saudara Aulia Afifhuda lulus dengan nilai **,* dengan indeks B. Adapun revisi Tugas Akhir sudah kami cantumkan di lembar revisi Anda.” Seingatku, begitulah ucapan Ketua Sidang Tugas Akhirku. Langsung semua dosen penguji dan dosen pembimbingku aku salamin satu persatu (kecuali yang ibu-ibu *bukan mahram :P*).

Tidak menjadi masalah besar bagiku mendapat nilai B. Karena kalaupun dapet nilai A, IPK-ku mustahil untuk cumlaude. Lagipula aku juga sadar, pekerjaan Tugas Akhirku ini tidaklah sempurna. Apalagi dosen pengujiku benar-benar menguji Tugas Akhirku dibagian yang memang menjadi titik lemahku. Ya aku pikir ada sebagian mahasiswa yang berprinsip perfeksionis dengan TAnya, tapi bagiku lebih baik realistis saja :)

Sarjana Teknik. 4 tahun 9 bulan waktu yang aku perlukan untuk meraihnya. Ahhh, rasanya benar-benar lega, plooong.

Author: auliaafifhuda

Muslim

4 thoughts on “Sarjana Teknik”

Leave a Reply

