Ibu dan Mama

Setelah sekitar satu bulan aku berdiam di rumah, aku jadi teringat bahwa aku punya mama. Ya, mama. Aku sendiri punya ibu, ya tentu saja ia adalah orang yang melahirkanku ke dunia ini. Untuk sebagian orang, mama dan ibu hanyalah sekedar panggilan yang tak jauh beda dengan ummi, emak, ataupun simbok. Tapi bagiku, mama dan ibu adalah 2 orang yang berbeda.

Ketika aku masih kecil dulu ketika masih tinggal di asrama tentara, ibu bukanlah orang satu-satunya yang memberiku ASI. Masih ada satu orang lagi yaitu tetanggaku yang saat itu juga punya anak kecil seusia denganku. Ibu bekerja sebagai guru SMP. Berangkat pagi dan pulang siang selalu menjadi rutinitas yang dimilikinya. Saat ibu sedang bekerja, ya mau tidak mau aku harus diemong oleh orang lain. Kata ibu, ASI sangatlah penting bagi putra sulungnya ini :D Hingga akhirnya selama ibu bekerja pagi hingga siang, aku diberi ASI oleh tetanggaku tersebut. Dan akhirnya aku selalu memanggilnya mama. Ya, bisa dikatakan aku punya 2 ibu my opinioin.

Sekarang semua anak-anak mama sudah tumbuh besar. Secara islam, mereka adalah muhrimku juga. Walaupun aku mejadi anak pertama di rumah, tapi aku memiliki kakak perempuan dan kakak laki-laki dari mama. Kakak perempuanku sudah menjadi perawat rumah sakit di Solo, sedangkan kakakku mengikuti abahnya untuk menjadi seorang tentara. Bahkan sekarang kakakku sedang bertugas di Papua, yang kini sedang bergejolak dan penuh intervensi asing.

Author: auliaafifhuda

Muslim

7 thoughts on “Ibu dan Mama”

  1. Sykron ustad atas ilmunya.. ternyata kalau se ASI itu udah mahramnya ya… :), kirain ente mau nikah dengan kakak ente. :D

  2. uwoo.. mama ya.. seru kayaknya lik.. jadi ngiri pengen punya ibu..
    ente sayang ga lik sama mama? sampai berapa tahun diasuh sama mama?

Leave a Reply

