Malam Minggu

Gerimis masih setia diluar sana, setelah hujan yang cukup deras menyapa debu dan asap kota metropolitan ini. Sedikit nekat untuk keluar kost-kostan untuk mencari makan karena perut sudah menggelar orkestra musik yang kadang terdengar dengan jelas. Di tangga jembatan penyeberangan yang harus aku lalui untuk mencari makan sudah ada anak kecil dengan pakaian yang basah sembari menengadahkan tangan. “Om minta, Om”. Suara lirih yang terucap dari mulutnya. Tapi aku hanya melintas begitu saja sambil melambaikan tangan pertanda tidak. “Ah, dasar pelit”. Kalimat itu terdengar jelas ditelingaku, tetapi aku tetap saja melanjutkan langkahku. Semula aku tidak menghiraukan ucapan anak kecil tadi. Baru ketika makan di angkringan dengan menu 2 bungkus nasi kucing, 2 tempe goreng bakar, kepala ayam bacem, dan segelas teh hangat manis, mulai terasa apa yang diucapkan anak kecil tadi. “Apa iya aku sepelit itu?”. Pertanyaan yang terus melintas dipikiran ketika menghabiskan segelas teh hangat. Sampai akhirnya aku pulang menuju kost-kostan dan mencuri-curi pandang apakah anak kecil yang ada di jembatan penyeberangan tadi masih ada. Hasilnya nihil, dia sudah menghilang entah kemana. Pintu depan kost-kostan sudah aku buka, kemudian duduk sejenak diatas bangku yang sedikit basah akibat air hujan tadi. Sambil mencerna ucapan anak kecil tadi. Alhamdulillah masih disentil oleh anak kecil tadi dengan ucapan singkatnya. Mungkin saja aku memang masih pelit dengan-Mu dan belum bisa konsisten untuk bersedekah. :)

*Yang udah punya niat baik buruan disegerakan, daripada menunggu untuk disentil seperti saya*

Author: auliaafifhuda

Muslim

Leave a Reply

